SELAYANG PANDANG

Lambang_Kabupaten_Garut

Nama Bayongbong berasal dari kata bayabang dan babayangbangan, bayabang artinya kelabang sedangkan babayangbangan artinya sejenis pohon yang tumbuh subur di wilayah Bayongbong dan dibawah pohon tersebut hidup subur binatang kelabang oleh karena itu disebutlan nama bayongbong sampai dengan sekarang.

Kecamatan Bayongbong merupakan salah satu dari 42 Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut terdiri dari 18 Desa memiliki luas wilayah 4995 Ha dengan status sebagai perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Garut, terbentuk dalam Peraturan Daerah No.27 tahun 2008 tentang Susunan Organisasi Kecamatan dan Kelurahan. Dalam perkembangannya Kecamatan Bayongbong tumbuh dan mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini banyak dipengaruhi oleh letak geografis Kecamatan Bayongbong yang cukup strategis kerena berbatasan langsung denga Ibu Kota Kabupaten Garut.

Kecamatan Bayongbong dipimpin oleh seorang Camat, yang saat ini dijabat oleh SANTARI, S.Sos M.Si  menjabat sejak tanggal 4 Nopember 2015. Tugas pokok Camat Bayongbong adalah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2008 tentang Kecamatan dan Peraturan Bupati Garut No. 102 tahun 2014 tentang Pelimpahan sebagian wewenang Bupati kepada Camat. Serta Peraturan Bupati Garut Nomor : 556 Tahun 2012 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan Pola A.