VISI, MISI, DAN STRATEGI

Sebagaimana tertuang dalam Tugas Pokok dan Fungsi yang dimilki serta tujuan yang diinginkan ke depan, maka visi Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, adalah:Terwujudya Tata Kepemerintahan Yang Baik dan Bersih Serta SDM Yang Profesional” Pernyataan visi diatas dimaksudkan untuk menjadikan KecamatanBayongbong sebagai lembaga yang berkompeten dalam pelayanan prima dan professional kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku sesuai dengan tuntutan global dalam melayani masyarakat dengan transparan, akuntabel dan partisipatif untuk mendukung terwujudnya “Garut pangirutan tata tengtrem kerta raharja menuju ridla Allah SWT”. dan di samping itu Kecamatan Bayongbong dalam mewujudkan visinya harus dapat menerapkan nilai-nilai profesional yaitu :

  1. Disiplin Dan Bermoral Tinggi

Disiplin adalah bentuk kepatuhan dan ketaatan terhadap setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku agar kegiatan selalu berjalan lancar (tepat waktu, pengambilankeputusan, atribut dll). Moral secara umum diartikan sifat ataupun akhlak (ahli tetapi tidak bermoral, berbahaya, mementingkan diri sendiri).

  1. Proaktif, Kreatif Dan Inovatif

Proaktif dapat diartikan sikap tanggap, peduli dan cekatan. Kreatif dapat diartikan kemampuan dalam menciptakan ide. dan Inovatif keberadaan untuk melakukan perubahan atau pembaharuan.

  1. Berorientasi pada Prestasi

Prestasi akan lahir dari kerja keras yang tak kenal lelah. Seorang yang berorientasi pada prestasi (achievement oriented) dalam bekerja berupaya dengan segala daya agar hasil yang diperoleh meningkat bahkan prestisius (tidak asal-asalan).

  1. Berdedikasi dan Penuh Tanggung Jawab.

Dedikasi adalah pengabdian tugas kewajiban yang dibebankan dan ukuran bagi seseorang yang mengabdikan dirinya demi keberhasilan tugas atau pekerjaan. Bagi seorang pegawai yang berdedikasi tinggi, keterbatasan sarana atau fasilitas kerja tidak dinilai sebagai hambatan yang menyebakan proses kegiatan kerja menjadi terhambat. Justru di tengah-tengah keterbatasan itu secara kreatif mampu mendayagunakannya untuk mencapai prodiktivitas kerja yang setinggitingginya.

Oleh karena itu dalam melaksanakan program dan kegiatannya selain menerapkan nilai-nilai profesionalisme juga terpercaya dalam mengawal visi-misi Kabupaten Garut.

Untuk mencapai visi maka ada beberapa Misi yang harus dicapai dalam rangka mewujudkan visi dan misi kecamatan Bayongbong yaitu : Terwujudya Tata Kepemerintahan Yang Baik dan Bersih Serta SDM Yang Profesional”

  1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan,
  2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur Yang Profesional,

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Kecamatan Bayongbong

Tujuan  adalah  sesuatu  (apa)  yang  akan  dicapai  atau dihasilkan  dalam  jangka  waktu  1  (satu)  sampai  dengan  5  (lima) tahunan yang ditetapkan  dengan  mengacu  kepada  pernyataanvisi  dan  misi  serta  didasarkan  pada  isu-isu  dan  analisis  stratejik. Untuk menggambarkan secara spesifik indikator keberhasilan, maka dari setiap tujuan tersebut ditetapkan sasarannya dengan dukungan data kuantitatif, sehingga dapat lebih memudahkan dalam mengevaluasinya.

Sasaran adalah hasil yang akan dicapai  secara  nyata  olehinstansi  pemerintah  dalam rumusan yang  lebih spesifik,  terukur,dalam kurun waktu yang  lebih  pendek  dari  tujuan. Dalam sasarandirancang  pula indikator sasaran.

Yang dimaksud denganindikator sasaran adalah ukuran tingkat keberhasilan  pencapaian sasaran untuk diwujudkan pada tahun bersangkutan. Setiap indikator  sasaran disertai dengan rencana tingkat capaiannya (targetnya) masing-masing. Sasaran diupayakan untuk dapat dicapai dalam kurun waktu  tertentu/tahunan  secara  berkesinambungan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan dalam rencana stratejik.

Adapun bentuk tujuan dan sasaran yang akan dicapai sebagai wujud dari berjalannya misi guna mewujudkan visi, adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan dan sasaran Misi 1 :
    1. Tujuan : Meningkatkan tatakelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

2. Sasaran : Terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

  1. Tujuan dan sasaran Misi 2 :
    1. Tujuan : Meningkatkan  profesionalisme pegawai.

2. Sasaran : Meningkatkan SDM Aparatur yang profesional, disiplin dan berwibawa.

Strategi dan Kebijakan.

Strategi adalah  cara  mencapai  tujuan  dan  sasaran  yang dijabarkan  ke  dalam  kebijakan-kebijakan  dan program-program. cara atau langkah yang dirumuskan lebih bersifat makro dan merupakan rangkaian kebijakan.

Kebijakan adalah suatu arah tindakan yang diambil oleh pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu dan digunakan untuk mencapai suatu tujuan, atau merealisasikan suatu sasaran atau maksud tertentu. Oleh karena itu, kebijakan pada dasarnya merupakan ketentuan-ketentuan untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan ataupun pelaksanaan program/kegiatan guna tercapainyakelancaran dan keterpaduan dalam perwujudan sasaran, tujuan serta visi dan misi satuan kerja perangkat daerah.

Program  adalah  kumpulan  kegiatan  yang  sistematis dan  terpadu  untuk  mendapatkan  hasil  yang  dilaksanakan  oleh satu  atau  beberapa  instansi  pemerintah  ataupun  dalam rangka  kerjasama  dengan  masyarakat,  guna  mencapai sasaran  tertentu.

Adapun strategi dan kebijakan dari ke-2 (Dua) misi Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Misi ke- 1 :

Mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan.

strategi           : Meningkatkan kemampuan aparatur.

Kebijakan      : Pembinaan dan pengembangan kompetensi aparatur .

  1. Misi ke- 2 :

Mendayagunakan perlengkapan sarana dan prasarana secara optimal.

Strategi          : Meningkatkan kualitas SDM .

Kebijakan      : Meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat.